Saturday, January 5, 2013

Cara Download Driver Semua Tipe Komputer

Kali ini saya ingin berbagi ilmu kepada sobat blogger tentang Cara Download Driver Semua Tipe Komputer, Laptop atau Netbook. Cara yang saya berikan kali ini tanpa menggunakan software sama sekali, kalaupun menggunakan software mungkin hanya software Internet Download Manager(IDM) untuk mempercepat koneksi Download kita. Tanpa basa-basi lagi mari kita langsung menuju langkah-langkahnya.

Sebagai informasi saya deskripsikan tentang komputer saya sebagai berikut:
  • Sistem Operasi : Windows XP Professional SP2.
  • Mainboard        : ECS P43G.
  • VGA                  : PCI ATI Radeon HD 3400 Series(External).
Langkah-langkah Cara Download Driver Semua Tipe Komputer, Laptop atau Netbook:
  • Buka Computer Management melalui Windows Explorer dengan cara klik kanan pada ikon My Computer klik pada Manage.
  • Setelah jendela Computer Management terbuka, klik pada bagian Device Manager di kolom sebelah kiri.
  • Di kolom sebelah kanan klik kanan pada salah satu Driver di bawah Other devices yang bertanda tanya dan bertanda seru kuning lalu pilih Properties.

  • Pada jendela yang terbuka, klik pada tab Details lalu klik pada kode driver yang tertera di bawah kolom Device Instance Id, lalu tekan tombol Ctrl+C pada keyboard untuk mengcopy kode driver tersebut.

  • Selanjutnya buka browser anda(saya menggunakan Google Chrome) lalu ketikkan pada Address Bar "devid.info" tanpa tanda kutip dan tekan Enter.

  • Paste kode driver yang telah anda copy tadi ke kolom pencarian lalu klik tombol Search.
 
  • Setelah mengklik tombol Search, geser halaman ke bawah untuk melihat hasil pencarian dengan cara memutar scroll pada mouse atau mengklik scroll bar pada browser. Kemudian klik kanan pada driver paling atas dalam daftar hasil pencarian lalu pilih Open link in new tab. Sebenarnya terserah anda mau memilih driver pada urutan yang manapun, tetapi sebaiknya yang paling atas, karena itu adalah versi terbaru dari driver tersebut pada database devid.info.
 
  • Selanjutnya klik pada tab baru yang terbuka di browser anda dan geser halaman ke bawah untuk melihat link download. Klik link yang tertera pada bagian Original file.
 
  • Pada halaman selanjutnya geser lagi halaman ke bawah untuk melihat link download. Klik link yang tertera pada bagian mirror 1.
 
  • Setelah mengklik link download yang tertera pada bagian mirror 1, maka secara otomatis akan terbuka jendela konfirmasi download yang menanyakan akan disimpan di mana file driver tersebut di komputer kita. Tentukan tempat penyimpanan lalu klik tombol Save.
 

Demikianlah cara mendownload driver semua tipe komputer, laptop atau netbook yang dapat saya jelaskan kali ini. Semoga tutorial kali ini dapat bermanfaat bagi sobat blogger.

11 comments:

  1. terimakasih lagi gan, saya clean pc client utk driver lihat panduan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali gan...Semoga dapat membantu...

      Delete
  2. gan kalo data zip yg di proteksi password bisa kena virus jg ga ?

    saya udah dua komputer client, tiap habis install billing client pasti task manager langsung disable.

    ReplyDelete
  3. tapi avast tidak menemukan file virus setelah di scan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. File archive baik itu rar maupun zip yang telah diproteksi dengan password tidak akan terinfeksi virus. Masalah Task Manager yang terdisable itu bukan karena virus, tetapi karena fitur billing client. Coba agan buka dulu proteksi Deepfreeze lalu masuk ke PC client menggunakan mode admin, lalu klik tombol "Administrator" dan klik tombol "Un-Check All", lalu Restart PC client tersebut. Jika Task Manager masih terdisable, silahkan agan berkomentar lagi atau cari tutorial di Google untuk mendisable dan mengenable Task Manager.

      Delete
  4. yang laen habis install client task manager langsung disable tp habis install game online bisa lagi. jd saya install billing client baru game online.
    klo yg satu lagi yg clean pertama, game online baru billing client itu ga bisa task manager nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Task Manager yang terdisable apalagi penyebabnya sudah diketahui yaitu setelah menginstal billing client sebenarnya sangat mudah solusinya gan. Agan ikuti saja petunjuk pada jawaban saya yang di atas.

      Delete
    2. kalo dari client udah d coba un-chek all ttp ga bisa, klo cara dari google belum d coba, klo bukan dr virus biar ja.

      Delete
    3. gan kalo driver ethernet D-link cari di devid.info juga ?

      udah saya coba malah dapet framenetwork.

      satu client pake D-link tp ga ada softwarenya.

      Delete
    4. Ya bisa melalui devid.info. Tapi jika di devid.info tidak ditemukan, agan cari melalui google saja, tetapi sebelumnya agan harus cari tahu dulu informasi mengenai ethernet tersebut. Jika ethernetnya Onboard, agan gunakan CPUZ saja untuk mengecek informasi Manufacturer dan Model Motherboard, kemudian agan cari driver ethernetnya di situs motherboard itu sendiri melalui google dengan kata kunci "Diver..."(Titik-titik diisi dengan Manufacturer dan Model Motherboard).
      Contoh kata kunci:
      Driver ECS P43G

      Dengan kata kunci di atas saya langsung menemukan link situs ECS(sebutan lain untun ECS adalah PCCHIPS) sendiri yang sudah tersedia semua driver Motherboard yaitu:
      http://www.pcchips.com.tw/PCCWebSite/Products/ProductsDetail.aspx?detailid=410&CategoryID=1&DetailName=Driver&MenuID=44&LanID=0

      Tetapi jika ethernetnya external, maka agan bongkar terlebih dahulu dan perhatikan informasi yang tertera pada badan ethernet card tersebut D-LINK model apa. Setelah ditemukan baru agan cari drivernya di google.

      Delete
  5. gan client saya loading cuma sampai windows langsung restart tidak masuk program, begitu terus berulang. cuma sampai loading windows xp. kenapa ya ?

    ReplyDelete

Komentar yang berisi keluhan, saran dan kritik yang membangun sangat saya tunggu. Terima Kasih...