Tuesday, July 31, 2012

Cara install Windows 7 via Flashdisk

Lama tidak update, kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang "Cara install Windows 7 via Flashdisk" atau dengan kata lain membuat "Windows 7 Bootable Flashdisk". Kadang kita dihadapkan dengan kondisi di mana perangkat CD/DVD ROM rusak atau tidak dapat membaca keping CD/DVD dengan baik, sehingga kita bingung ketika akan menginstall ulang komputer atau laptop kita. Demikian pula ketika kita akan menginstall Netbook, karena Netbook tidak memiliki fasilitas CD/DVD ROM. Salah satu solusi untuk masalah tersebut adalah dengan membuat Bootable Flashdisk yang dapat digunakan sebagai pengganti keping CD/DVD master Windows.

Tanpa basa-basi lagi mari kita langsung ke pokok permasalahan :).
- Pertama download dan install dulu aplikasi "Windows 7 USB DVD Download Tool" di sini
- Lalu siapkan Flashdisk (Minimal 4GB) yang akan digunakan untuk membuat Bootable Flashdisk
- Siapkan juga file Windows 7.iso (Master Windows 7 yang sudah dijadikan ISO) caranya bisa dicari di Google
- Sekedar tambahan untuk Windows XP, untuk menginstall aplikasi "Windows 7 USB DVD Download Tool" anda harus menginstall "Microsoft .NET Framework 2.0, Windows Installer 3.1 (KB893803) dan Image Mastering API v2.0 (IMAPIv2.0) for Windows XP (KB932716)".
Ok saya anggap semua persiapan di atas telah siap, maka langkah pembuatan Bootable Flashdisk Windows 7 adalah sebagai berikut:
  • Backup terlebih dahulu data-data anda yang tersimpan di Flashdisk karena nantinya akan otomatis dikosongkan dan diformat oleh aplikasi "Windows 7 USB DVD Download Tool". Setelah selesai backup, colokkan Flashdisk ke komputer. Pada Step 1 buka aplikasi "Windows 7 USB DVD Download Tool" dan klik tombol Browse lalu cari file Windows 7 ISO di komputer dan klik Next.

  • Pada Step 2 klik tombol USB device.

  • Pada Step 3 pilih Drive Flashdisk anda lalu klik tombol Begin copying.

  • Jika pada Flashdisk anda masih terdapat data dan space yang dibutuhkan kurang untuk membuat Bootable Flashdisk, maka akan muncul kotak peringatan "Not Enough Free Space" yang menanyakan apakah kita akan menghapus seluruh data yang tersimpan dan mengosongkan Flashdisk kita. Klik pada tombol Erase USB Device.

  • Selanjutnya akan muncul kotak peringatan kedua yang berisi konfirmasi apakah kita yakin akan mengosongkan Flashdisk kita. Klik pada tombol Yes.

  • Flashdisk kita akan diformat dan kemudian dilanjutkan dengan proses mengcopy file untuk membuat Bootable Flashdisk. Prosesnya kurang lebih sekitar setengah jam. Setelah proses selesai, kita dapat menutup aplikasi "Windows 7 USB DVD Download Tool". Bootable Flashdisk sudah jadi dan siap digunakan.





  • Untuk menginstall Komputer, Laptop atau Netbook menggunakan Windows 7 Bootable Flashdisk saya rasa semua sudah mengerti. Caranya sama seperti jika kita menginstall menggunakan CD/DVD. Hanya tinggal masuk ke BIOS lalu setting supaya Boot awal yang dibaca adalah Bootable Flashdisk kita.
Sekian dahulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi sobat blogger. Terima Kasih...

No comments:

Post a Comment

Komentar yang berisi keluhan, saran dan kritik yang membangun sangat saya tunggu. Terima Kasih...