Wednesday, August 8, 2012

Bandwidth Management Software

Sobat blogger tentunya tidak asing lagi dengan judul di atas. Ya, dari judulnya sudah dapat kita ketahui bahwa postingan ini tentang sebuah aplikasi atau software yang fungsinya untuk mengatur lalu-lintas Bandwidth. Software yang akan saya bagikan kali ini adalah sebuah aplikasi bandwidth management yang dapat digunakan pada sebuah jaringan lokal internet baik LAN maupun WLAN. Saya berkenalan dengan software ini berawal dari cerita bahwa dulu saya adalah seorang penunggu setia sebuah cafe hotspot. Tiada hari tanpa nongkrong di sana baik sendiri maupun sama teman-teman. Tapi namanya juga hotspot, di mana jaringan internetnya adalah Wireless LAN, maka ada saja yang berperilaku curang ingin menguasai Bandwidth untuk mendownload, dll. Setelah saya selidiki, ternyata rata-rata mereka menggunakan "Net Cut". Lalu saya juga menggunakan "Net Cut", tapi saya rasakan tidak ada pengaruhnya menggunakan software tersebut.

Akhirnya saya belajar dan bertapa kepada Mbah Google sampai kemudian saya diberi sebuah senjata bernama:
Sejak saat itu saya dan teman-teman menjadi penguasa di cafe hotspot tersebut sampai akhirnya kami pensiun dan tidak nongkrong di sana lagi. Untuk menginstall software tersebut langkah-langkahnya sama seperti cara menginstall aplikasi lain. Setelah terinstall baru kita bahas cara menyetting software tersebut.

1. Buka aplikasi p2pover, maka biasanya pada saat pertama dijalankan, secara otomatis akan muncul kotak dialog peringatan yang menyuruh kita untuk mengatur "System Setting" terlebih dahulu dan memilih adapter jenis apa yang kita gunakan untuk terkoneksi ke internet. Untuk laptop biasanya ada 2 pilihan adapter, yaitu LAN dan Wireless LAN. Pilih adapter yang kita gunakan lalu klik "OK".
2. Pada barisan menu p2pover, klik "Settings -- Schedules Setting".
3. Pada kotak dialog "Schedules" Setting yang muncul klik tombol "New(N)".
4. Beri nama terserah anda pada "Schedule's Name", lalu klik kanan pada kolom di bawahnya dan pilih "Select All(A)". Kemudian klik "OK" dan tutup kotak dialog "Schedules Setting".
5. Tahap ini adalah tahap untuk mengatur besarnya bandwidth yang akan kita batasi pada kecepatan "Download" dan "Upload". Klik pada menu "Settings -- Rules Setting".
6.  Pada kotak dialog "Rules Setting" yang muncul klik tombol "New(N)".
7. Beri nama terserah anda pada "rule's name" dan pada kolom di bawahnya pilih "schedule" yang sudah kita buat sebelumnya lalu klik "Next>".
8. Tentukan besarnya batasan bandwidth untuk kecepatan "Incoming(Download)" dan "Outgoing(Upload)" lalu klik "Next>".
Note: Paling kecil adalah 10Kbps karena masih ada pilihan Drop untuk membunuh koneksi komputer target sepenuhnya.
9. Pada tahap "P2P" klik "Next>" saja atau centang sesuai keinginan.
10. Pada tahap "IM" juga klik "Next>" saja atau centang sesuai keinginan.
11. Pada tahap "HTTP/FTP Download" kita bisa mengosongkan dan langsung klik "Next>" atau mengisi sesuai keinginan extensi file yang akan kita blokir Downloadnya. Pada gambar saya contohkan saya memblokir file .avi dan .mkv.
12. Pada tahap "WWW" kita pilih "Restricted with rule" kemudian kita centang semua dan pilih "Blacklist" lalu klik "Next>".
13. Pada tahap "ACL Setting" kita kosongkan saja dan langsung klik "Finish" lalu tutup kotak dialog "Rules Setting".
14. Untuk membuat "Rules" dengan batas kecepatan bandwidth yang berbeda, ulangi langkah 5 sampai 13.
15. Kemudian kita lanjutkan pada tahap pencarian komputer yang aktif di jaringan dengan mengklik tombol "Scan" berlogo Kaca Pembesar. Tunggu hingga proses selesai.
16. Dapat kita lihat bahwa pada daftar komputer yang berada di urutan paling atas adalah komputer "LocalHost" atau komputer kita sendiri. Klik kanan pada daftar komputer lalu pilih "Control All".
17. Klik tombol "Start" berlogo Centang Hijau.
18. Klik kanan pada salah satu komputer yang ada di daftar dan pilih "Apply Rule to Hosts Selected".
19. Pilih besarnya Rules sesuai yang sudah kita buat sebelumnya lalu klik "OK". Maka komputer target sudah kita batasi kecepatan bandwidthnya.
20. Untuk membunuh atau memblokir koneksi komputer target sepenuhnya, klik kanan pada salah satu komputer yang ada di daftar dan pilih "Drop Hosts Selected".

Nah sobat blogger, itulah tutorial lengkap tentang cara penggunaan p2pover untuk mengatur lalu-lintas bandwidth yang ada di sebuah jaringan LAN atau Wireless LAN. Semoga tutorial ini dapat berguna bagi sobat blogger, amien.....

43 comments:

  1. kunjungan pagi gan....
    nice share......

    Salam blogger......

    ReplyDelete
  2. aku coba terapkan pada laptop saya sebagai target, ternyata laptop saya langsung ke blok gan...?? padahal sudah saya set pada speed dwnld:50 dan upld: 50..tapi masih gk bisa jalan...??? setting dah 100% bener.

    ReplyDelete
  3. Hmm, sebelumnya kalo saya boleh tau agan menggunakan jaringan LAN atau WLAN? Dan sebagai komputer Host(yang terinstal P2pover) apakah agan menggunakan komputer yang berbeda dengan Laptop yang dijadikan target? Coba dipastikan dulu apakah laptop yang dijadikan target tidak dalam posisi "Drop Hosts Selected"(Point 20 pada tutorial). Karena kalau dalam posisi terdrop memang koneksi dibunuh sepenuhnya gan, jadi dikembalikan dulu "Restore Hosts Selected". Jika masih belum berhasil, coba agan ganti P2povernya dengan versi lain(kadang versi juga berpengaruh). Dan yang paling berpengaruh juga adalah settingan pada Modem atau Router. Karena saya juga pernah mengalami hal serupa, ketika menginstal di salah satu warnet teman, P2pover tidak mengalami kendala dan berfungsi sebagaimana mestinya. Tapi ketika menginstal di warnet teman yang lain, mengalami kendala yang sama seperti agan. Terima Kasih sudah berkunjung dan komentarnya gan...

    ReplyDelete
  4. mantap gan,,,jadi semua kebagian bandwidth

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm...ya kira-kira seperti itulah tujuannya gan...Terima Kasih atas kunjungannya gan...

      Delete
  5. langkah2 udah sip...ane coba terapkan drop laptop teman tapi kagak ngruh kenapa ya gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan berada pada jaringan LAN atau Wireless LAN?

      Coba agan buat Rule baru dengan nilai bandwidth terendah pada P2Pover yaitu 10Kbps. Kasih saja rata untuk In & Outnya 10Kbps. Lalu terapkan Rule tersebut pada komputer target dengan cara "Apply Rule to Hosts Selected". Kemudian agan Drop komputer target. Jadi ibaratnya kita menyerang 2x dengan cara membatasi bandwidthnya pada nilai terendah 10Kbps & juga melakukan Drop pada komputer target. Semoga berhasil gan...

      Delete
  6. gan klo speedy 1 Mbps, server 1 client 8, download n upload speed bagi berapa ? atau berapa speed utk batasi client yg download ?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan agan sudah saya jawab pada postingan saya:
      http://coolkadet.blogspot.com/2012/05/cara-membagi-banwidth-dengan-bandwidth.html

      Delete
    2. yang itu untuk pembagian netlimiter.
      kalo ini yg untuk P2pover, utk rule seting.
      saya uji coba kemaren rule, in 30 kbps, out 10 kbps. terlalu lambat loading page.
      berarti kasih rule setting in 50 kbps, out 30 kbps ?

      kalo netlimiter utk speedy 1 Mbps bagi 8 client ?
      hasil test cbn download 1040 kbps n upload 320 kbps

      terima kasih banyak atas jawaban n ilmunya.
      Maaf ada di dua tempat, masih cari cara agar pelanggan tidak kecewa.

      Delete
    3. Wah, maaf gan saya kira agan komentarnya salah tempat, hahaha. Kalo untuk P2pover agan bisa membuat banyak rule yang berarti juga banyak pilihan untuk kecepatan Download(In) & Upload(Out). Dengan demikian bisa kita pilih rule mana yang akan kita terapkan kepada Client menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pada saat P2pover kita gunakan. Sebagai contoh pada warnet teman saya menggunakan NetLimiter dan juga P2pover sebagai pendampingnya. Jadi P2pover digunakan untuk berjaga-jaga saja. Maksudnya begini, ketika Setting kecepatan In & Out pada NetLimiter masih dirasa kurang pada suatu kondisi tertentu misalnya pada saat User penuh(masih terjadi lag misalnya), maka langsung jalankan P2pover untuk membantu NetLimiter membatasi kecepatan bandwidth Client. Mengutamakan kepuasan pelanggan itu memang yang utama gan, keep spirit...

      Delete
  7. gan point 11 untuk block file avi dan mkv, avi itu antivirus bukan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan gan, .mkv dan .avi itu extensi file video. Sebenarnya dikosongkan saja untuk poin 11 juga tidak masalah gan.

      Delete
  8. Bisa buat ngeblock situs_situs ga ini bang?
    Trus pengguna IDM dan download manager lain apakah jg terbatasi bandwidth nya?
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, untuk memblokir situs saya belum pernah mencoba menggunakan aplikasi ini, jadi saya tidak bisa memberikan jawaban yang pasti apakah bisa atau tidak. Banyak kok tutorial cara memblokir situs tertentu yang bisa agan cari di Google. Pengguna IDM dan Program Download Manager lainnya juga akan terbatasi. Tetapi jika agan akan menggunakannya untuk warnet, saran saya gunakan juga aplikasi yang ada pada postingan saya:
      http://coolkadet.blogspot.com/2012/05/cara-membagi-banwidth-dengan-bandwidth.html

      Delete
    2. Sep, makasih infonya. quick replay.
      Sukses terus bang...

      Delete
    3. Terima kasih kembali, salam sukses juga, amin...

      Delete
  9. Replies
    1. Klik 2x pada file zip yang agan download lalu perhatikan pada kolom comment di sebelah kanan, sudah saya sertakan passwordnya.

      Delete
    2. dimna sih pass nya gan ?? kok gk ada ...

      Delete
  10. Gan P2Pover saya error terus habis format clean. sering restart n langsung close. mohon bantuannya lagi ?
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba agan uninstall dulu P2povernya lalu agan Download dan Install CCleaner. Setelah CCleaner terinstal langsung jalankan dan Analyze lalu Run Cleaner. Kemudian Restart PC tersebut, baru kemudian Instal kembali P2pover.

      Delete
  11. ok nnti saya coba, install di drive C server yg di pasang deepfreeze gpp ?
    server sudah saya pasang deepfreeze.

    ReplyDelete
  12. Mohon dibantu gan!!!
    Gan komputer client saya tdak terkoneksi(tidak ada connect saat scaningnya) dengan server pada p2pover(localhostnya),,,
    settingan warnet saya memakai 2 LAN, satu dari modem,, satu lagi untuk client,
    Yang dari modem saya Share(LAN 1), trus baru menuju client memakai LAN 2,,
    dengan IP Modem (LAN 1), berbeda dengan LAN 2,
    untuk solusi agar terkoneksi p2pover dengan msalah diatas gmna gan??

    ReplyDelete
  13. postingan yang mantab.acung jempol saja, terimakasih telah berbagi ilmu.

    ReplyDelete
  14. gan, kendala ane sama ama posting reply pertama. smua settingan udah fix 100%, masalahanya begitu p2p diaktifkan koneksi ke client langsung terputus. Apa ada settingan khusus, terutama di modem?

    -regards-

    ReplyDelete
  15. "adapter has not been initialised". knpa bisa gt ya gan? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  16. v 4.25 coba tak instal di win 8 hasilnya error..
    file DLL missing..
    ada solusi ??

    ReplyDelete
  17. gan, bedanya www allowed, restricted with rule, sama blocked apa ya?

    terus kalo dalem satu jaringan ada 2 komputer yang pake p2pover gimana tuh gan? kira" ada software buat nolak p2pover ga? thanks

    ReplyDelete
  18. pake mikrotik jauh lebih handal gan serasa punya operator internet sendiri

    ReplyDelete
  19. thanks gan ane instal di komputer kantor 100% majur,, semua jadi kegaian bandwidth,...

    ReplyDelete
  20. Postingan yang keren gan, semua dapet koneksi sekarang di tempaku kerja trims

    ReplyDelete
  21. ko ga ada sih gan pass nya. dimananya sih ga ngerti udah di klik 2x juga ga ada

    ReplyDelete
  22. mantap gan...kunjungi balik ya http://softwarefree00.blogspot.com

    ReplyDelete
  23. kalau di server dengan koneksi 5 Mbps buat bagi 12 PC in out nya brp ya gan?

    ReplyDelete
  24. Mas ....makasih bngt nih ini sdh bisa dijlnkan dibarengin sama net limiter dwrnet saya...utk penggila download bisa teratasi...nah tapi msh ada masalah jg utk net limiter kan di instal di stiap client jd supaya client tdk bisa merubah setting net limiter hrs memakai pass dan icon net limiter msh ada di layar monitor bawah kanan atau kiri jd client msh dpt melihatnya dan merubah settingan. Dan utk game online khususnya Point Blank bagaimana setting bandwithnya karena diwarnet satya byk yg bermain point blank..sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

    ReplyDelete
  25. Bener bener sangat membantu ane gan coolkadet.blogspot.com
    Terima kasih banyak gan info + tutorial lengkap nya.
    Tapi saya ingin bertanya, apakah IDM di client juga ikut ter limiter terhadap software P2pover ini?
    Jadi saya tidak was was dengan ada nya client yang menggunakan program IDM.

    ReplyDelete
  26. mas kalau warnet yg maksimalnya memainkan gem dr gemscool kira2 di berikan bandwic berapa mas,sedangkan saya punya speedy mempunyai kecepatan 3MBPS yg di bagi oleh 10 klien

    ReplyDelete

Komentar yang berisi keluhan, saran dan kritik yang membangun sangat saya tunggu. Terima Kasih...